Latihan angkat kaki secara teratur baik untuk penuaan yang sehat

Jakarta (radonsanering-systemet.com) – Latihan mengangkat jari kaki hingga ke atas kaki dengan bertumpu pada tumit memberikan manfaat yang besar bagi keseimbangan, menguatkan otot-otot tungkai bawah, meningkatkan mobilitas dan semua itu merupakan manfaat utama untuk kesehatan penuaan.

Baca juga: Tips menjaga daya tahan tubuh anak

“Leg lift adalah latihan yang bagus untuk membantu Anda membangun kekuatan, mobilitas, dan stabilitas pada otot yang terletak di bagian depan pergelangan kaki dan kaki bagian bawah,” kata Grayson Wickham, DPT, CSCS, pendiri Movement Vault.

Di sisi lain, olahraga ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Pembuluh darah mengandalkan kontraksi otot untuk membantu aliran darah kembali ke jantung. Pembuluh darah di sekitar kaki dan pergelangan kaki memiliki waktu yang paling menantang untuk mengembalikan darah ke jantung karena gravitasi (dan jarak yang jauh ke jantung.

Di situlah latihan pergelangan kaki, seperti angkat kaki, sangat berguna. Latihan ini dapat membantu memperlancar aliran darah dengan membantu pembuluh darah Anda untuk mengangkut darah (melalui kontraksi otot) kembali ke jantung Anda dan, dalam prosesnya, memasok semua oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya,” jelas Wickham.

Untuk hasil terbaik, Anda harus menargetkan jumlah repetisi yang lebih tinggi, yaitu, lakukan sebanyak yang Anda bisa, menurut Wickham.

Untuk memulainya, pertama-tama berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Beristirahat di tumit Anda, angkat jari-jari kaki dan bagian depan kaki Anda dari lantai. Hanya tumit Anda yang harus tetap di tanah. Berhentilah sejenak, lalu turunkan kaki Anda ke tanah. Ulangi gerakan ini selama 15-20 kali.

Cobalah melakukan dua hingga tiga set gerakan angkat jari ini setidaknya dua kali seminggu, bersama dengan peregangan pergelangan kaki untuk menjaga mobilitas maksimum dan kesehatan sendi.

Baca Juga :  Edutaintment haji 3D "Hafiz Hafizah Mecca Adventure" hadir di Jakarta

Baca juga: Tips Merawat “Timbangan” Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Nyanyi sambil Main Gitar, Salah Satu Tips Sri Mulyani Biar Rileks dan Fit

Baca juga: Tips kebugaran Widyawati, rajin jalan kaki setelah makan

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Redaktur: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © radonsanering-systemet.com 2022