One Onco dan Lovepink memberikan 1.000 USG payudara gratis

Oleh karena itu, diharapkan Gerakan 1000 Free Breast Ultrasound ini dapat membantu…

Jakarta (radonsanering-systemet.com) – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) divisi onkologi (One Onco) bekerjasama dengan Lovepink (komunitas penderita kanker payudara) menggelar Gerakan 1000 USG Payudara Gratis bagi perempuan kurang mampu.

“Deteksi dini kanker payudara dapat menyelamatkan nyawa kita. Cara yang dapat dilakukan selain SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) adalah SADANIS (pemeriksaan payudara klinis),” kata President Director and Leader One Onco, dr. Selvinna dalam keterangan resminya, Rabu.

Dikatakannya, sebanyak 70 persen kasus kanker payudara ditemukan pada pasien stadium tiga ke atas, sehingga sel kanker sudah menyebar.

Sebenarnya SADARI dapat dilakukan dengan mudah, namun sayangnya tidak semua orang memiliki akses SADARI karena keterbatasan finansial.

Baca juga: Wanita Tak Perlu Takut Periksakan Diri untuk Cegah Kanker Sejak Dini

SADANIS dapat dilakukan setiap bulan pada hari ketujuh sampai dengan tanggal 10, dimulai dari hari pertama haid; atau pada tanggal yang sama setiap bulan untuk wanita pascamenopause.

Jika Anda melakukan SADARI dan SADANIS secara rutin, kanker payudara dapat ditemukan pada stadium dini dan meningkatkan harapan hidup penderitanya.

“Oleh karena itu, diharapkan Gerakan 1000 USG Payudara Gratis dapat membantu semakin banyak perempuan Indonesia yang kurang mampu untuk memeriksakan kesehatan payudara secara klinis. Hal ini juga untuk mencapai tujuan Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut pada tahun 2030. “

Kalbe berkomitmen untuk meningkatkan pengetahuan tentang kanker, khususnya dalam bidang deteksi dini, karena keganasan kanker dapat diminimalkan.

“Kami menyadari hal ini tidak bisa dilakukan sendiri, perlu kerjasama dengan berbagai pihak,” ujar dr. selvinna.

Baca juga: Dokter Anjurkan Masyarakat Kenali Gejala Kanker Payudara

Baca Juga :  Lima mitos tentang penggunaan tabir surya

Dengan semakin meningkatnya akses pemeriksaan USG payudara, diharapkan semakin banyak perempuan yang terdeteksi secara klinis. Dengan demikian, pengobatan dapat dilakukan sesegera mungkin dan tingkat kelangsungan hidup tinggi, kata Director of Corporate Branding and Communication Management Mitra Keluarga, dr. Nurvantina Pandina, MM

Sejak Oktober 2021, Lovepink berinisiatif menyelenggarakan program Gerakan USG Payudara Gratis bagi perempuan kurang mampu di Indonesia.

Lovepink menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit dan mengundang pihak-pihak yang ingin berpartisipasi mendanai program tersebut.

Hingga saat ini, Lovepink telah memberikan akses pemeriksaan USG payudara untuk lebih dari 2.100 perempuan kurang mampu. Kegiatan ini akan berlanjut di Jabodetabek, Yogyakarta, Jember, Padang, Bandung, dan Banjarbaru.

“Semoga metode ini dapat membantu semakin banyak perempuan Indonesia yang kurang mampu untuk dapat memeriksakan kesehatan payudaranya secara klinis, guna mencapai tujuan Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut pada tahun 2030,” ujar Wakil Ketua Lovepink, Tri Oetami.

Baca juga: Pria dengan Masalah Kesuburan Beresiko Terkena Kanker Payudara

Baca juga: Prodia Luncurkan Tes Baru Deteksi Mutasi Gen Penyebab Kanker

Baca juga: Wanita Disarankan Lakukan SADARI Sambil Berbaring

Wartawan: Ida Nurcahyani
Redaktur : Suryanto
HAK CIPTA © radonsanering-systemet.com 2022