Tips lindungi anak di bawah enam tahun dari COVID saat mudik

Selalu gunakan masker saat berada di keramaian. Jelaskan juga apa bahayanya

Jakarta (radonsanering-systemet.com) – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan sejumlah rekomendasi untuk melindungi anak di bawah usia enam tahun agar tidak tertular COVID-19 saat mudik Lebaran 2022.

Anggota Satgas Imunisasi IDAI Soedjatmiko mengatakan benteng utama untuk melindungi anak-anak di bawah usia enam tahun dari paparan virus corona adalah memastikan bahwa orang-orang di sekitar anak telah menerima vaksin dosis penuh.

“Bapak dan ibu pada dasarnya semua orang di rumah harus divaksinasi agar anak-anak di bawah enam tahun terlindungi. Jika ada virus, ibu, nenek, kakek, ibu, dan lainnya telah membentenginya,” kata Soedjatmiko dalam webinar, Senin.

Baca juga: Orang Tua Diminta Kejar Imunisasi Anak Tertinggal

Pastikan anggota keluarga berusia enam hingga 17 tahun telah menerima dua dosis vaksin, sementara keluarga berusia 18 tahun ke atas telah menerima tiga dosis vaksin.

Diketahui, anak-anak di bawah usia enam tahun belum mendapat rekomendasi untuk menerima vaksinasi COVID-19.

Anak-anak di bawah usia enam tahun juga disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan. Anak-anak di bawah dua tahun dianjurkan untuk menggunakan pelindung wajah dalam pengawasan agar tidak mengganggu pernapasan, sedangkan usia dua tahun ke atas dianjurkan menggunakan masker.

“Selalu pakai masker saat berada di keramaian. Jelaskan juga apa bahayanya. Hindari keramaian kecuali di bus, kapal, kereta api, pesawat, atau mobil pribadi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Soedjatmiko juga merekomendasikan agar anak di bawah usia enam tahun diimunisasi lengkap untuk memberikan perlindungan dari penyakit lain seperti campak, rubella, difteri, dan tetanus.

Baca juga: Pakar Anjurkan Orang Tua Lengkapi Imunisasi Anak untuk Hindari PD3I

Baca Juga :  Edutaintment haji 3D "Hafiz Hafizah Mecca Adventure" hadir di Jakarta

Baca juga: Imunisasi Penting untuk Kesehatan dan Mencegah Stunting

Baca juga: Kemenkes Sebut Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 Dilaksanakan Dalam Dua Tahap

Reporter: Fathur Rochman
Redaktur : Suryanto
HAK CIPTA © radonsanering-systemet.com 2022