V20 Indonesia didorong untuk menumbuhkan komunitas yang aktif dengan nilai-nilai luhur

Sekarang fokus V20 adalah mencoba mengembalikan nilai-nilai luhur

Jakarta (radonsanering-systemet.com) – Pemerintah Indonesia mendorong Values ​​20 atau V20 Indonesia yang merupakan bagian dari rangkaian implementasi Kepresidenan G20 Indonesia untuk membantu masyarakat berperan aktif dalam memiliki dan melaksanakan nilai-nilai luhur yang berpusat pada kemanusiaan. dan alam.

Seperti yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo, masyarakat diminta untuk memahami G20 tidak hanya sebagai forum internasional yang dirancang khusus untuk pejabat negara tetapi juga sebagai forum untuk menyatukan komunitas global.

“V20 Indonesia juga sedang mempersiapkan program-programnya sebagai bagian dari G20 2022 dengan desain yang mengikutsertakan masyarakat luas. Sekarang fokus V20 berusaha mengembalikan nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman kita dalam tata kelola dunia,” ujar V20 2022. Co-Sherpa Alissa Wahid dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Baca juga: Investasi di sektor pariwisata penting untuk memulihkan ekonomi global

Empat nilai yang diangkat adalah nilai masyarakat (nilai dalam masyarakat), ekonomi (nilai dalam ekonomi)alam dan lingkungan (nilai-nilai di alam), serta kesejahteraan (nilai dalam kesejahteraan).

Keempat hal tersebut dimunculkan karena kondisi manusia saat ini lebih mengutamakan persaingan dan tidak lagi berpihak pada bumi yang ditumpanginya.

Manusia seringkali melupakan kemanusiaan dan mengutamakan keuntungan pribadi, sehingga tentunya menghancurkan struktur pemerintahan global yang berkeadilan.

Alissa mencontohkan, salah satu dampak dari ditinggalkannya nilai-nilai luhur kemanusiaan adalah perubahan iklim yang ekstrim.

Akibatnya persaingan dan industri diprioritaskan tanpa diimbangi dengan upaya penghijauan sehingga mengubah keseimbangan alam dan merusak kondisi bumi.

Baca juga: Indonesia dorong perlindungan tenaga kerja yang lebih adaptif

“Itu terjadi karena keserakahan, keserakahan umat manusia dalam menggunakan planet ini sesukanya tanpa mempertimbangkan kondisi bumi dan keseimbangannya. Oleh karena itu, kita perlu mengembalikan nilai-nilai Mulia sebagai pedoman kita,” kata Alissa.

Baca Juga :  Resep 'Cookies Choco Pisang Lebaran'

Dengan hadirnya V20 Indonesia sebagai rangkaian penting G20 Kepresidenan Indonesia, diharapkan masyarakat Indonesia mampu mengingat dan menanamkan nilai-nilai luhur sehingga tercipta dunia yang kembali seimbang dan harmonis.

Selain itu, melalui V20 Indonesia diharapkan mampu menciptakan sebuah gerakan tidak hanya secara lokal tetapi juga global untuk mengangkat nilai-nilai yang berorientasi pada kemanusiaan dan alam sehingga dapat berdampak positif bagi generasi mendatang.

Baca juga: Kepresidenan G20 Indonesia diharapkan dapat mempercepat transisi energi global

Baca juga: Delegasi G20 Sepakat Ciptakan Iklim Pariwisata Berkelanjutan

Baca juga: Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Literasi Keuangan Digital Jelang G20

Reporter: Livia Kristianti
Redaktur : Suryanto
HAK CIPTA © radonsanering-systemet.com 2022